RSS

Kopi

Kopi.
Sejenis minuman yang dulu selalu aku hindari. Setiap kali meminumnya pasti perutku langsung bergejolak. Asam lambungku seakan mempunyai dendam pribadi pada si Kopi ini, sehingga dia langsung menunjukkan gejala anti setiap kali si Kopi mengunjungi rumahnya (lambungku). Dulu aku juga memandang aneh adekku yang tergila-gila kopi.


Waktu itu mengalir, sejak aku menjadi mahasiswa, entah kenapa kopi seakan menjadi teman baikku. Teman baik disaat galau mengerjakan laporan, teman baik disaat begadang ngerjain tugas, begadang ujian, dan teman baik saat ingin konsentrasi. Tak jarang kuhabiskan berbungkus-bungkus kopi dalam 2 minggu untuk tetap melek karena horor ujian.

Baru-baru ini aku banyak merenung tentang hidup, kedewasaan diri, dan hal semacamnya. Merenung sambil menegak secangkir kopi hangat. Tiba-tiba aja jadi pengen nulis tentang temen baikku itu, ya si Kopi. Ternyata ada banyak makna yang terkandung dalam si Kopi. :)
Kopi, awalnya kata ini berasal dari Bahasa Arab qahwah yang berarti KEKUATAN. Pernah denger filosofi biji kopi gak?

Kopi yang nikmat, pasti dan harus berasal dari biji kopi yang matang. Kemudian biji kopi itu harus dikeringkan dan dipanaskan dengan suhu yang tinggi, sehingga mengeluarkan minyak yang membuat biji kopi harum. Lalu biji kopi itu harus digiling dan dihaluskan dan kemudian diseduh dengan air yang panas untuk menghasilkan rasa dan aroma terbaik.


Sukses dan kedewasaan diri tidak diraih dengan sekejab mata atau semudah membalikkan telapak tangan. Pasti akan ada begitu banyak cobaan dan tantangan yang menghadang. Tekanan dan cobaan ini mungkin saja dapat menggiring seseorang pada jurang keputusasaan, depresi, frustasi, dan teman-temannya. Namun layaknya biji kopi, jangan pernah menyerah, bertahanlah, hadapi semua tekanan itu. Walaupun kau mungkin akan 'dipanaskan', atau bahkan 'dihancurkan jadi bubuk'. Tetaplah bertahan, hadapi semuanya. Tekanan itu bahkan akan menjagamu tetap dalam performa terbaikmu, memaksamu untuk menjadi lebih baik lagi. Saat proses ini telah terlewati. Kau akan menyadari betapa tekanan itu telah membentukmu. Kau akan menyadari bagaimana tekanan itu sungguh menjadi katalisator dalam upgrading kualitas dirimu dalam menjadi pribadi luar biasa. Kopi yang ternikmat! :)


Oke, waktu sudah menunjukkan pukul 12:07 WIB. Saatnya sholat dzuhur! Sampai jumpa lagi pals! :)


1 komentar:

Aristi Audri Triani mengatakan...

Thank you so much :D
kekeke~