RSS

Belajarlah pada tumbuhan

Betapa mulianya tumbuhan yang selalu memberi tanpa pernah menuntut. Tidak seperti manusia yang hanya bisa merusak. Makhluk tamak bernama manusia, takkan pernah puas jika tidak menyakiti. Bayangkan betapa indahnya dunia jika kita mau sedikit saja berbagi tempat dengan mereka. Semua kesusahan yang ada hari ini merupakan hutang yang harus kita bayar karena telah merebut hak hidup mereka. Bayangkan jika manusia yang dibantai habitat dan kerabatnya, menyenangkan tidak? Cobalah untuk memanusiakan diri kita sendiri kawan.

Bayangkan lebih dari 50% hutan di Indonesia HILANG dalam waktu kurang dari 30 tahun! Bayangkan seberapa banyak individu-individu yang sudah kita bunuh? Manusia selalu mengidam-idamkan lingkungan yang asri hijau indah atau apapun mereka menyebutnya, tapi tak pernah mencoba sedikit saja berusaha untuk mewujudkannya..


Jika manusia tetap bertindak semau dan seenak dengkulnya seperti sekarang, bukan mustahil 20 atau bahkan 10 tahun lagi bumi akan bermetamorfosis menjadi bunderan coklat penuh sampah. Tak akan ada lagi pemandangan hijau, tak akan ada lagi kupu-kupu indah yang biasa menghiasi taman-taman, tak akan ada lagi warna-warni alam bawah laut yang selalu dipuja-puji itu, atau..mungkin..masih adakah kita saat itu tiba???


Mungkin tak akan ada yang bergeming melihat tulisan ini. Yaaa, ini hanya sekedar curahan hati tentang keprihatinan saya terhadap keadaan lingkungan saat ini. Begitu banyak sebenarnya yang telah manusia korbankan hanya untuk pemenuhan kebutuhannya yang tak terkontrol itu.. Harus berapa banyak lagi sahabat kita yang punah agar kalian sadar dan mau menghentikan segala perbuatan kotor kalian itu?


Kadang saya berfikir..Manusia tak semulia yang didengung-dengungkan..


Read this:

http://world.mongabay.com/indonesian/sawit.html
http://world.mongabay.com/indonesian/borneo.html#geography
http://world.mongabay.com/indonesian/orangutan.html
http://world.mongabay.com/indonesian/profil.html

1 komentar:

harga pupuk npk mengatakan...

renungan yg menyentuh